Pengambilan Sumpah/Janji PNS Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie Tahun 2018

Kamis, 30/08/2018    03:39:01 WIB    Berita BKD    Katagori PNS

Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melaksanakan Sumpah/Janji PNS terhadap 495 PNS pada hari Rabu, 29 Agustus 2018 di halaman tengah Kantor Bupati Pidie yang pengangkatan sumpah dilakukan oleh Bupati Pidie melalui Rohaniawan dan didampingi oleh 2 (dua) orang saksi yakni Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Pidie dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie.

Pelaksanaan pengangkatan sumpah/janji PNS ini merupakan amanah dari Undang - Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. pada pasal 66 ayat (1) Undang - Undang Nomor 5 Tahun 2014 disebutkan bahwa “ setiap Calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan Sumpah/janji ” dan pada pasal 39 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 juga disebutkan bahwa “ Setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan Sumpah/janji ”.

Pelaksanaan Pengangkatan Sumpah/Janji PNS ini adalah yang ke 4 (empat) kalinya kita laksanakan, yakni pada Tahun 2015, 2016, 2017 dan 2018, setelah beberapa tahun terhenti dan terakhir dilaksakanan pada Tahun 1997. oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara bertahap, mengingat masih banyak jumlah Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie yang belum melaksanakan sumpah/janji PNS.

Pegawai Negeri Sipil di lingkungan SKPK/unit kerja lainnya yang belum mengucapkan sumpah/janji direncanakan akan dilakukan secara bertahap pada Tahun Anggaran berikutnya. Diharapkan dengan adanya pengangkatan sumpah pada hari ini, akan tercipta Pegawai Negeri Sipil yang memiliki integritas, profesional dan bermental baik serta bertanggungjawab terhadap tugas dan kewenangan yang diberikan.