Penyerahan SK PNS dan Pengambilan Sumpah / Janji Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie Tahun 2020

SIGLI I Setelah melalui masa percobaan selama 1 (satu) tahun, sejumlah 281 orang CPNS Formasi tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie menerima SK Pengangkatan CPNS menjadi PNS yang diserahkan langsung oleh Bupati Pidie Roni Ahmad, SE pada hari Rabu, 17 Juni 2020 bertempat di Kampus Diklat BKPSDM Kabupaten Pidie. Untuk dapat diangkat menjadi PNS, para CPNS ini juga telah mengikuti dan dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS yang dilaksanakan baik on class maupun off class selama 51 hari. Selain itu, setiap CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS harus memenuhi syarat sehat jasmani dan rohani melalui pemeriksaan baik medis maupun psikologis.

Acara penyerahan SK tersebut sekaligus dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah/Janji PNS. Pengambilan Sumpah/Janji PNS ini merupakan perwujudan dari amanat PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS pasal 39 yang berbunyi “Setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan Sumpah/Janji”. Bertindak sebagai pengambil sumpah adalah Bupati Pidie dengan didampingi oleh rohaniwan dan para saksi yaitu: Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Pidie Mukhlis, S.Sos, M.Si, dan Asisten Administrasi Umum Mutiin, SIP, M.Si. Acara ini juga dihadiri oleh para Kepala SKPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pidie.

Bupati Pidie dalam sambutannya menyampaikan agar para PNS harus selalu menjalankan kewajiban sebagai pelayan dan Abdi Negara untuk masyarakat serta berpesan Pegawai Negeri Sipil merupakan unsur aparatur negara yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara professional, jujur, transparan, akuntabel, adil dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintah dan pembangunan, dituntut melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, wajib dipupuk rasa kesetiaan dan ketaatannya kepada Pancasila, undang-undang dasar 1945, negara dan pemerintah Republik Indonesia.